Kelebihan dan Kekurangan 20 Market Place
Kelebihan dan Kekurangan Market
Place
1. OLX
Kelebihan:
Kelebihan:
1. Menyediakan
berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam
alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia.
2. Apabila
ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX Indonesia,
tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu.
3. Situs
menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk,
tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum.
4. OLX
Indonesia tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application for
Android.
5. Tidak ada
biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan
(promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan tersebut
hanya bersifat “dianjurkan” buka “diharuskan”. Jadi, apabila tidak ingin
menggunakan layanan promosi tambahan, kita tidak perlu membayar sepersenpun.
Kekurangan:
Kekurangan:
1. Kemungkinan
terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya
yang gratis dan terbuka untuk umum.
2. Harga
dibanding-bandingkan.
3. Masa tayang
iklan terbatas. Normalnya, iklan di olx hanya bertahan selama 7 hari. Setelah
itu, iklan kita akan dinonaktifkan meskipun kita bisa menyegarkan iklan namun
hanya akan bertahan dalam beberapa hari saja. Maksimal satu bulan tayang .
4. Iklan terbatas
Setiap
pengguna di OLX hanya diberikan jatah iklan 10 buah dengan catatan iklan harus
beda semua. Apabila kita punya 15 produk utama yang mau dipasarkan, otomatis
hanya 10 buah saja yang bisa diiklankan.
5. Konsumen suka menelpon
Konsumen
dari OLX lebih menyukai menghubungi penjual dengan cara menelpon.
2. Berniaga
Kelebihan:
1. Kejelasan
informasi dan kemudahan login menjadi member.
2. Tersedia
situs dalam versi negara yang berbeda-beda.
3. Pemasangan
iklan gratis.
4. Rujukan
lokasi pemilik iklan yang jelas dan menyeluruh.
5. Situs Berniaga cenderung lebih
merakyat dibanding situs lainnya.
Kekurangan:
1. Transaksi tidak secara
online.
2. Tidak terdapat pilihan bahasa untuk pengguna
asing di Indonesia.
3. Lazada
Kelebihan:
Kelebihan:
1. Pengembalian
barang dalam waktu 14 hari, boleh mencicil jika belanjanya mencapai jumlah
tertentu, dan tidak dikenai ongkos pengiriman.
2. Memiliki Fitur
COD
3. Banyak
diskon dan voucher
4. Pengiriman
gratis untuk wilayah JABODETABEK dengan berat produk maksimal 6 kg
5. Jaminan
barang kembali (ketentuan berlaku)
6. Aman
(jaminan baarang akan dikirim)
7. Navigasi
toko yang mudah
8.
Banyak sekali variasi produk yang
ditawarkan
Kekurangan:
Kekurangan:
1. Ongkos kirim
mahal. Untuk normalnya misalnya jika dibandingkan dengan JNE per kg hanya
sekitar 16 ribu untuk Jakarta-Jogja. Di Lazada Ongkir mencapai 25 ribu untuk
kategori yang sama.
2. Produk
yang ditawarkan diklaim sebagai produk asli. Padahal jika dibandingkan dengan
toko offline, kualitas bahan masih dibawahnya. Walaupun dari segi penampilan
masih terlihat sama. Dan tentu saja dari sisi keawetan pasti akan berbeda,
karena pembeli tidak bisa komplain masalah keawetan kepada Lazada karena awet
tidaknya suatu produk hanya bisa dinilai setelah produk dipakai dalam kurun
waktu tertentu.
3. Proses pengembalian barang yang ribet. Jika
produk yang dikembalikan ditolak oleh pihak Lazada, maka ongkos kirim akan
dikenakan pada pembeli. Ini berarti pembeli harus membayar 2 x ongkir.
4. Konfirmasi
Pembayaran Cukup Lama
Sebagai
pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya
rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga
sedikit membuat pembeli khawatir.
5. Fasilitas
COD masih belum bisa dibanyak kota
Fasilitas
COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini
masih untuk kota jakarta dan sekitarnya.
4.Tokopedia
Kelebihan:
Kelebihan:
1. Tokopedia menjamin para
konsumennya berbelanja dengan aman dan terhindar dari penipuan dengan cara,
pembayaran akan dilakukan setelah barang yang dibeli sampai di tangan konsumen.
Bahkan, barang yang dikirim bisa ditelusuri jejaknya, sudah sampai di manakah
barang tersebut.
2. Adanya fitur diskusi. Selain
bisa mengirim pesan, calon pembeli juga bisa baca-baca diskusi produk yang akan
dibelinya, atau juga bisa ikut diskusi dengan calon pembeli yang lainnya.
3. Adanya fitur promosi produk
gratis. Ini sangat membantu para penjual, dengan fitur gratis ini, si penjual
bisa melakukan promosi. Tapi promosi gratis ini dibatasi, yaitu satu jam
sekali.
4. Penampilan
website dengan dominasi warna hijau yang terkesan segar dan simpel.
5. Bagian
penambahan daftar produk juga sangat jelas, pilihan kategori lebih
bervariasi dan fitur harga grosir.
6. Waktu proses pesanan bisa mencapai 5 – 7
hari semenjak invoice masuk, jadi bisa lebih leluasa.
7. Walaupun banyak bug, tapi
keamanan akun cukup bagus, penggunaan kode OTP sangat diapreasiasi.
Kekurangan:
1.
Data informasi pribadi tidak tertutup. Ini
memungkinkan data informasi pribadi penjual dapat dicuri, dan dimanfaatkan
untuk aksi penipuan.
2.
Fitur berbayar untuk penjual cukup mahal.
3.
Fitur pengelolaan stok barang yang
kurang canggih, ketika ada pembeli yang menunggu pembayaran maka stok tidak
otomatis berkurang.
5.Bukalapak
Kelebihan:
Kelebihan:
1. Penjual akan mendapat
pemberitahan via SMS jika ada pembeli, jadi tidak perlu terus-terusan online.
2. Ongkos kirim sudah
diperhitungkan secara otomatis tanpa perlu menghitung kembali.
3. Mendidik para penjual untuk
menjadi pengusaha. Tidak hanya menyediakan lapak, bukalapak juga menyediakan
berbagai informasi mengenai tips dan trik agar sukses berjualan.
4.
Menambah gambar produk sangat mudah dan
efisien, bisa drag dan drop 5 gambar sekaligus, hemat waktu dan praktis.
5.
Manajemen stok sangat-sangat akurat, ketika
barang sedang menunggu pembayaran, maka stok dikurangi, apabila batal maka stok
dikembalikan, sehingga mencegah pembeli membayar barang yang stoknya habis.
6. Pilihan
jasa pengiriman lumayan cepat, juga bisa memilih opsi gratis ongkos kirim.
7.
Bisa mengatur diskon di sebuah produk
dan pihak Bukalapak juga Sering menyediakan promo diskon sehingga
meningkatkan kesempatan barang laku.
8.
Dana masuk ke bukadompet hanya 1 hari
setelah data tracking menyebutkan bahwa barang diterima pembeli.
9.
Tampilan transaksi baik itu di
aplikasi maupun website sangat simpel dan informatif, mulai dari barang hingga
ke detail alamat pembeli.
10.
Tersedia BL Widget untuk mempromosikan lapak ke website lain.
11.
Keamanan akun sudah termasuk bagus, kode OTP Otomatis juga sangat membantu dan
praktis.
12.
Bisa belanja tanpa registrasi, tapi harus hati-hati, baca deskripsi dengan baik
13.
Metode pembayaran dan transfer cukup lengkap dan banyak pilihan.
14. Verifikasi pembayaran melalui transfer juga termasuk cepat
Kekurangan:
1.
SEO kurang begitu bagus bila dicari
melalui Google.
3. Pencairan Saldo dari bukadompet
relatif lebih lama, rata-rata lebih dari sehari.
4. Ketika
mengedit deskripsi barang, selain kotaknya kecil, juga sering Error karena
tag-tag html yang ikut tercampur dengan tulisan.
5. Aplikasi nya relatif lemot
ketika dipakai, lebih berat di RAM dan sering nge-lag.
6. Tidak punya fitur preorder
7. Waktu pemrosesan barang sangat
sebentar, hanya 2 hari untuk input nomer resi pengiriman.
8. Memang bukalapak jarang error,
tapi notifikasi orderan masuk sering terlambat, bahkan notifikasi di aplikasi
terkesan kurang berguna.
9.
Secara keseluruhan, jumlah barang dan
penjual serta variasi nya lebih sedikit dibanding toko lainnya.
10. Tidak ada diskusi, sehingga untuk mengetahui info lebih lanjut tentang
barang atau pengiriman harus tanya ke penjual.
11. Tampilan website terkesan kurang
segar, tidak ada garis batas yang kontras antara konten, sidebar dan
background.
12. Produk-produk promo otomatis
termuat dan ditempatkan di bagian depan. Akan lebih baik kalo di aplikasi
menyediakan sektor khusus untuk barang promo yang akan terload apabila calon
pembeli mengklik nya.
13. Penjual yang mencantumkan banyak
pilihan pengiriman juga sedikit, kebanyakan hanya memajang JNE saja
14. Saat sedang melihat-lihat produk di sebuah toko melalui desktop, dan
tiba-tiba muncul chat dari sang pemilik toko, disitu membuat kaget pembeli,
akan lebih baik bila fitur pop up chat otomatis ini bersifat opsional.
15. Respon CS dalam menanggapi permasalahan sangat lama sekali, pengalaman saya,
respon bisa sampai 2 hari baru dibalas.
16. Fitur pencarian produk terkadang
tidak berfungsi, atau loadingnya terlalu lama di website
17. Di website, Deskripsi produk
terletak dibawah gambar foto dan cukup jauh letaknya, akan lebih bagus bila
calon pembeli bisa melihat gambar sambil membaca deskripsi nya.
6. Amazon
Kelebihan:
Kelebihan:
1.
Brand Amazon sudah mempunyai merek yang terkenal dan
terpercaya.
2.
Strategi pemasaran yang bagus.
3.
Aliansi dengan perusahaan lain.
4.
Web yang memiliki akses yang cepat, desighn menarik
dengan mudah di operasiakan
5.
Harga produk yang terjangkau.
6.
Dukungan CRM dan TI.
7.
Tampilan terlihat lebih mewah dan space yang lebar
dengan kesan luas .
8.
Tampilannya yang selalu baru atau update terus
menerus.
9.
Tiap produk yang ditawarkan diwakili dengan display
produk itu sendiri. Sehingga, para user yang ingin membeli produk, khususnya
produk-produk baru, tidak perlu berandai-andai seperti apa bentuk atau warna
dari produk baru itu.
Kekurangan:
1. Tergantung pada
pengiriman eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman
2. Produk tidak
selalu disertai dengan cantuman harga. Dengan demikan, “memaksa” para user
untuk meng-click produk tersebut jika user ingin tahu harga yang ditawarkan
3. Halaman produk yang terlalu
diramaikan oleh fitur tambahan. Banyaknya fitur tambahan seperti promo produk
yang tidak relevan, membuat informasi utama mengenai produk yang sedang
ditawarkan malah menjadi terabaikan. Hanya pelanggan lama saja yang bisa
mendapatkan informasi ini dengan cepat.
4. Adanya fitur pencarian web.
Seseorang cenderung untuk melakukan pencarian di mesin cari favoritnya
ketimbang mencari di fitur pencarian yang ada di web kita. Menempatkan fitur
pencarian web di website kita sebenarnya buang-buang waktu saja karena hanya akan
menambah kesan kacau pada web kita.
5. Adanya iklan pada halaman
produk. Tampilnya iklan pada halaman produk yang ditawarkan akan mengalihkan
perhatian pengunjung dari produk yang sedang di minatinya.
7. Bhinneka
Kelebihan:
1.
Katalog yang tertata rapi
2.
User / calon pembeli dapat mengunduh file katalog
beserta harga yang terupdate.
3.
Memiliki script untuk mengubah kurs mata uang sesuai
yang diinginkan .
4.
Bisa menawar online.
5.
Mempunyai Photography page ( halaman khusus semua
tentang kamera ).
6.
Mempunyai Mobile vision ( khusus diakses diperangkat
perangkat ponsel ).
7.
Mempunyai Dropdown menu ( memudahkan navigasi dalam
mengakses web/blog)
8.
Bisa Rancang sendiri ( merakit PC sesuai rakitan
customer ).
9.
Menggunakan JNE ( jasa pengiriman ).
10.
E-care ( garansi produk ).
11.
Payment confirmation email dan sms ( notifikasi ,
apabila uang telah diterima pihak bhinneka.com )
12.
Service tracking (ketahui sendiri kondisi barang yang
sedang diservice )
Kekurangan:
1.
Salah satu fitur yang kurang pada web bhinneka.com
dengan toko online lainnya adalah simulasi yang membuat calon pembeli menjadi
lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan sendiri yang ingin dibeli.
2.
Bila diperhatikan deskripsi produk pada bhinneka
menggunakan dua bahasa, padahal lebih baik jika menggunakan dua versi bahasa,
bahasa yang nyampur ini membuat pengunjung kurang nyaman dan membuat beberapa
tidak bisa dimengerti.
3.
URL yang digunakan oleh bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari
seperti google, yahoo, dll. karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis
produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di google dengan
menggunakan nama-nama produk praktis URL dari bhinneka.com
tidak akan terindex.
8. Elevenia
Kelebihan:
1.
Pencairan dana yang cepat
2.
Manajemen toko versi web dan mobile
3.
Biaya transaksi yang kompetitif
4.
Jaringan pemasaran yang luas
5.
Situs yang memiliki harga jauh lebih
murah
6.
Diskon di Elevenia sangat banyak
Kekurangan:
1.
Semakin lama bonusnya semakin berkurang.
2.
Sistem ataupun webnya tidak terlalu bagus jika
dibandingkan toko lainnya.
9. Ebay
Kelebihan:
1.
eBay mempertahankan sejumlah situs khusus. eBay Pulse,
misalnya, memberikan informasi tentang istilah pencarian populer, tren, dan
item yang paling banyak ditonton.
2.
Terdapat konten ebay Komunitas lain termasuk
Discussion Boards, Groups, Answer Center, Chat Rooms, and Reviews & Guides.
3.
eBay memiliki penawaran mobile yang kuat, termasuk SMS
alert, situs WAP, Java ME client, dan aplikasi iPhone Apple tersedia di pasar
tertentu.
4.
Best of eBay adalah situs khusus untuk mencari item yang
paling-tidak biasa di situs eBay. Pengguna dapat memilih dan mencalonkan pada
daftar yang mereka temukan.
5.
Terdapat juga fitur-fitur yang ditampilkan di Amazon
yakni aktor yang main di film tersebut, sutradara, review film, movie
trailer, dan lain sebagainya.
6.
Sama seperti Amazon, jika kita ingin membeli film
tersebut, atau kita mau transaksi, kita akan diproteksi agar aman dari
pihak-pihak nakal.
7.
Dengan menggunakan sistem lelang, ketika kita
memiliki barang antik misalnya, kita bisa mendapatkan harga jual yang lebih
tinggi dengan memanfaatkan sistem lelang ini.
8.
Akses mudah ke 38 pasar internasional dengan
biaya operasi yang rendah.
9.
Siapapun dapat berdagang di eBay, di
manapun, kapan saja.
10.
Waktu loadingnya cepat.
Kekurangan:
1.
Pada situs ini fitur yang ditampilkan masih kalah
bagus dengan esaingnya yakni Amazon.
2.
Dalam melakukan pencarian judul film tersebut, pada
eBay ini membingungkan, dikarenakan eBay tidak menggolongkan film ini pada
formatnya sehingga terjadi kesemrawutan pada hasil pencarian tersebut.
3.
Barang yang ditawarkan di eBay lebih kurang
dibandingkan Amazone, banyak terdapat barang yang kosong / tidak ada tetapi
tetap ditawarkan pada pembeli, dan pada akhirnya pembeli tertipu.
10. Zalora
Kelebihan:
Kelebihan:
1.
Zalora menyediakan berbagai produk yang
dijamin lengkap, tersusun rapih, dan jelas di website Zalora.
2.
Belanja di Zalora di jamin aman.
3.
Zalora menyediakan produk-produk dengan
harga terjangkau.
4.
Proses belanja di Zalora sangat mudah.
5.
Zalora adalah online shop yang
terpercaya.
6.
Zalora menyediakan berbagai tawaran yang
menarik.
7.
Layanan Zalora di jamin memuaskan.
Kekurangan:
1.
Konfirmasi pembayaran cukup lama.
2.
Fasilitas yang masih belum bisa
dilakukan dibanyak kota.
11. Alibaba
Kelebihan:
1.
Menawarkan kenyamanan bertransaksi
dengan Secure Payment yang melindungi konsumen.
2.
Lokasi di China dengan 560 juta pengguna
internet yang online sekitar 20 jam per hari, bisa dibilang china merupakan
pasar terbesar e-commerce di dunia.
3.
Biaya yang lebih murah karena alibaba
menawarkan produknya dalam skala besar.
4.
Mempunyai banyak layanan di situsnya dibandingkan
website lainnya.
5.
Menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang
bertujuan menarik customer baru.
6.
Selalu mengedepankan kepuasaan customer.
Kekurangan:
1.
adanya perbedaan hambatan adanya
perbedaan waktu koneksi internet, perbedaan
budaya, dan bahasa.
2. Tidak adanya jaminan tentang kualitas produk
yang dikirim.
3. Dari segi keanggotaan, Alibaba mempunyai
member yang beragam, terjadi sebuah gesekan internal yang sangat serius antara
efek dari pelanggan positif (good customers) dengan pelanggan negatif (poor
customers).
4. Pertanggung
jawaban kepuasaan konsumen terhadap barang yang dikirim kurang ( tidak sesuai
apa yang diharapkan.
12. AliExpress
Kelebihan:
1. Penawaran
barang yang lebih inovatif dan kreatif. Bahkan ada juga barang yang menarik dan
belum pernah kita temui sebelumnya.
2. Harga
yang ada bersifat bersaing dan lebih ekonomis.
3. Banyak
juga barang yang dijual dalam jumlah banyak sehingga akan lebih murah.
4. Kebanyakan
barang yang dijual menggunakan fasilitas free shipping atau gratis biaya
pengiriman.
5. Mempunya
tracking number sehingga kita bisa melacak keberadaannya dengan mudah.
6. Aliexpress
juga akan memberikan garansi dalam bentuk uang kembali dengan mekanisme Escrow
account.
7. Berprinsip
pembeli terpuaskan atau uang kembali.
8. Metode
pembayaran di aliexpress yang bisa dipilih.
9. Metode
komunikasi bisa dibilang paling lengkap jika dibanding dengan situs jual beli yang
lain.
10. Menyediakan
fasilitas message untuk mengirim pesan, dan ada juga fasilitas chat yang bisa
ditujukan pada penjual atau customer service dari pihak aliexpress.
Kekurangan:
1.
Seperti umumnya berbelanja online lainnya, dengan
tidak melihat langsung barang yang akan dibeli, maka muncul kemungkinan barang
yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan. Terutama bagi shopper pemula
yang mudah lapar mata melihat banyaknya barang yang ditawarkan disana.
2.
Seller Aliexpress mayoritas menawarkan free shipping
cost alias gratis ongkos kirim. Sayangnya mayoritas seller mengirim paket
menggunakan jasa pengiriman yang memerlukan waktu sangat lama. Walaupun metode
pengirimannya menyediakan Tracking number, tetapi umumnya barang sampai ke
pembeli sekitar 5-6 minggu setelah dikirim sellernya. Mereka umumnya
menggunakan China Post yang akhir-akhir ini memang sangat lambat. Bahkan tidak
sedikit yang menggunakan jasa Netherland Post dan Sweden Post. Kalau
menggunakan jasa ini, lebih lama lagi. Karena barang dikirim ke Netherland atau
Sweden terlebih dahulu, baru kemudian dikirim ke alamat pembeli. Jika anda
ingin pengiriman lebih cepat, pilih seller yang menawarkan Free shipping
menggunakan Hongkong Post, atau Singapore Post. Menurut pengalaman saya,
Singapore post yang paling cepat sampai.
3.
Kurang Update-nya stock yang dimiliki seller. Misalnya
kita telah membeli dan membayar sebuah barang, ternyata kemudian seller
memberitahu melalui message bahwa barang sdh habis. Ini disebabkan karena dalam
listing barang di aliexpress tidak disebutkan jumlah stock yang tersedia.
4.
Aliexpress hanya menjual produk-produk dari China.
Jadi jika anda berharap membeli produk dengan brand global, akan sulit
menemukannya disini.
5.
Saat ini aliexpress telah meluncurkan situs versi
“Indonesia”. Sayangnya penggunaan “mesin translate” yang tidak tepat, malah
membuat bingung para shopper. Fasilitas search juga tidak bisa dipakai dengan
baik. Untuk mengatasi hal ini, saya sarankan shopper beralih ke web
alixpress.com “asli” dengan memilik “ Go To Globalsite “ yang ada di sebelah
kanan atas halaman aliexpress.
13. LapakUngu
Kelebihan:
1. Registrasi
dan Login yang mudah.
2. Pesaing
masih sedikit.
3. Bisa COD
an dikampus.
4. Pasang
iklan Gratis.
5. Mempunyai
banyak kategori produk.
6. Membuka
peluang usaha bagi anak Amikom yang tertarik mempunyai bisnis.
7. Gratis
biaya Pendaftaran.
8. Mempunyai
data penjual yang lengkap, sehingga bisa langsung menanyakan langsung ke nomor
penjualnya atau bisa langsung mengunjungi URL yang dimasukkan oleh penjual.
9. Gambar
produk yang dijual bisa diperbesar, sehingga bisa melihat produknya dengan
jelas.
10. Memiliki Data
Total View, sehingga bisa mengetahui jumlah orang yang melihat produk yang kita
jual.
Kekurangan:
1. Tampilan
website masih sangat sederhana.
2. Website
ini masih belum banyak dikenal, sehingga total view masih sedikit serta
kemungkinan produk terjual masih kecil.
3. Cara
untuk mengubah foto profil toko cukup susah.
4. Produk
yang tersedia masih sedikit, sehingga masih banyak kategori yang belum memiliki
produk.
5. Kolom
ketentuan saat hendak mengupload produk masih belum tersedia.
14. Blibli
Kelebihan:
1. Harganya
kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan
bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
2.
Kupon belanja
yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa
mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter
Blibli.
3.
Ongkos kirim gratis ke seluruh
Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari
Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja
kita jadi lebih hemat.
4.
Customer service yang mudah dicari,
setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang
kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami
masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
5.
Pelayanan customer service Blibli yang
cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.
6.
Packing barangnya untuk elektronik
menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah
biaya ongkos kirim.
Kekurangan:
1.
Sistem konfirmasi pembayaran transfer
bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja
dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan
minggu.
2.
Tidak ada cara konfirmasi pembayaran
manual.
3.
Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order
akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat
meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek
kabar terbarunya.
4.
Sistem pengiriman barang yang
tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak
boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama.
15. Matahari Mall
Kelebihan:
1.
Penyediaan voucher diskon yang sangat besar
2.
Penempatan barang atau kategorisasi produknya sudah
dilakukan secara tertata, detail sampai ada subkategori dan sub-subkategori.
3.
Ada pilihan cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan atau 12
bulan untuk setiap produk dengan kartu kredit Mandiri.
4.
Banyak pilihan cara pembayaran saat memilih metode
pembayaran secara bank transfer. Ada pilihan tujuan rekening pembayaran BCA,
CIMB Niaga, BRI, BNI, Nobu Bank, dan Mandiri.
Kekurangan:
1.
Seringkali Bug
Pada Menu Pembayaran.
2.
Pembeli Tidak
Dapat Berkomunikasi Dengan Penjual.
3.
Seringkali
Penjual Lalai Memeriksa Barang Sebelum Dikirim.
4.
Deskripsi produk yang kurang jelas dan
asal copas.
5.
Spesifikasi yang terkadang kurang jelas.
6.
Gambar terkadang berbeda dengan produk
yang ditawarkan.
7.
Konfirmasi pesanan yang cukup lama.
8.
Belum semua kupon voucher bisa digunakan
9.
Penampilan foto produk masih seadanya, cenderung
asal-asalan. Baik karena modelnya kurang menarik, menata produk yang kurang
rapi di manekin, hingga proses editing penghilangan background yang tidak rapi.
10.
Adanya pembatasan maksimal satu produk untuk setiap
satu jenis produk. Pada opsi pembelian produk hanya ada angka 1, tanpa angka 2,
3, 4 atau 5.
11.
Perlunya konfirmasi secara manual yang sangat
menyulitkan konsumen.
16. Kaskus
Kelebihan:
1.
Lebih
praktis .
2.
Hemat.
3.
Cepat
laku.
Kekurangan:
1. Konsumen
tidak terlalu yakin barangnya sesuai dengan harapan.
2. Rentan
dengan penipuan.
3. Sering salah
kirim.
17. Lamido
Kelebihan:
1.
Lamido akan berfokus pada vendor kecil
dan menengah yang tidak memiliki platform khusus untuk menjual produk mereka .
2.
Metode pembayaran Cash on Delivery Jenis
transaksi paling umum di Indonesia, dengan ini pembeli melakukan kontak dengan
penjual untuk menyetujui kalau barang akan dikirim ke alamat yang sudah
ditentukan dengan jasa kurir yang sudah bekerja-sama dengan Lamido.
3.
Pihak Lamido sendiri akan melakukan
tracking pengiriman jika diperlukan untuk memantau apakah barang yang dikirim
akan sampai ke pembeli tepat pada waktunya.
4.
Cash on Local Pickup Adalah sistem
transaksi dimana penjual dan pembeli menentukan meeting point dan saling
bertatap muka langsung, hal ini dilakukan guna menghindari resiko penipuan
karena beberapa orang lebih memilih melihat barang terlebih dahulu sebelum
membeli.
5.
Lamido SafePay Lamido SafePay merupakan
rekening bersama antara pihak pembeli, penjual dan pihak Lamido sendiri.
Pilihan ini merupakan pilihan paling aman karena setiap langkah transaksi akan
dimoderasi oleh pihak lamido, yang berarti bebas dari penipuan online atau
sejenisnya.
6.
Pengiriman barang menggunakan jasa TIKI
JNE dan FedEx.
Kekurangan:
1.
Jika penjual tidak pernah login maka
pembeli tidak akan menerima pesanan, uang akan tetap aman di rekening Lamido
atau Elevenia.
2. Proses yang memakan waktu apabila penjual
tidak menerima notifikasi.
18.Shopee.co.id
Kelebihan:
1.
Jumlah gambar produk yang bisa diupload
sampai 20 gambar, sangat menarik
2.
Di bagian penjualan, kita bisa
mengetahui mana produk yang menunggu pembayaran, harus dikirim, maupun selesai
3.
Ketika produk bermasalah, tidak ada
penghapusan, tapi akan masuk ke bagian khusus “barang diblokir”
4.
Produk bisa memiliki varian, dalam hal
ini cocok bagi yang punya beberapa warna, ukuran maupun tipe lainnya.
5.
Shopee tidak menyarankan dropship,
sangat membantu sekali karena dropship lebih banyak yang menyusahkan
6.
Beberapa barang ada yang gratis ongkir
7.
Banyaknya kategori yang disediakan
8.
Respon website yang cepat
9.
Tampilan yang simple dan menarik
10.
Mudahnya pencarian barang
11.
Terdapat fitur chat untuk menawar harga barang
12.
Mudahnya metode pembayaran
13.
Aman dalam pengiriman karena Jasa Kirim Shopee adalah
layanan jasa kirim terintegrasi didukung oleh Shopee. Anda dapat melacak
pesanan Anda dalam aplikasi dan ongkos kirim akan dikalkulasi berdasarkan berat
produk dan lokasi alamat penjual dan pembeli. Ongkos kirim ini akan terlihat
pada saat checkout beserta jumlah total pesanan yang harus dibayar (kecuali
jika ada promosi gratis ongkos kirim sewaktu-waktu dari seller).
Kekurangan
:
1.
Bagian sebagai pembeli dan penjual
terpisah, terkesan rumit dan tidak efisien
2.
Bagi Penjual Promo gratis ongkir
terkesan agak ribet karena harus upload KTP dan foto.
3.
Penampilan deskripsi produk sangat tidak
enak dilihat dan membuat pembeli jadi malas membaca.
4.
Pencairan dana ke rekening lumayan lama.
5.
Upload gambar dan no resi via aplikasi
seperti lewat hp sering gagal.
6.
Jasa pengiriman baru terdapat JNE Reguler dan JNE OKE
7.
Ongkos kirim pengembalian barang yang rusak ditanggung
oleh pembeli
8.
shopee.co.id sendiri masih kurang terkenal
dibanding website penjualan online lainnya
19.Blanja
Kelebihan:
1. Memiliki
banyak kategori.
2. Banyak
pilihan untuk pembayaran.
3. Menjual
berbagai produk lokal
Kekurangan:
1.
Proses pengiriman yang lama.
2.
Sering salah kirim.
20.Jualo
Kelebihan:
1.
Perusahaannya telah menyediakan berbagai fitur yang
memberikan kemudahan lebih bagi para penggunanya daripada situs sejenis lainnya.
2.
Fitur pendeteksi lokasi dan pengaduan cepat tanggap.
3.
Proses transaksi lebih mudah.
4.
Jika ada laporan pengguna yang nakal akan ada sanksi,
seperti delete akun, blokir alamat email, dan nomor teleponnya.
5.
Fitur geo search yang disediakan Jualo adalah salah
satu fitur yang cukup eksklusif.
Kekurangan:
1. Belum ada sistem pembayaran dengan cara
transfer masih menggunakan sistem cash on delivery ( COD ).
kalau saya sering belanja di Bukalapak, lumayan nyaman dan aman karena ada sistem escrow.
BalasHapuswww.yogrosir.com
Sip2
BalasHapusterimakasih infonya, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2P5Wu53
BalasHapus