Kelebihan dan Kekurangan 20 Market Place

Kelebihan dan Kekurangan Market Place



1. OLX 
Kelebihan:
1.    Menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia.
2.    Apabila ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX Indonesia, tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu.
3.    Situs menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum.
4.    OLX Indonesia tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application for Android.
5.    Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan tersebut hanya bersifat “dianjurkan” buka “diharuskan”. Jadi, apabila tidak ingin menggunakan layanan promosi tambahan, kita tidak perlu membayar sepersenpun.
Kekurangan:
1.    Kemungkinan terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka untuk umum.
2.    Harga dibanding-bandingkan.
3.    Masa tayang iklan terbatas. Normalnya, iklan di olx hanya bertahan selama 7 hari. Setelah itu, iklan kita akan dinonaktifkan meskipun kita bisa menyegarkan iklan namun hanya akan bertahan dalam beberapa hari saja. Maksimal satu bulan tayang .
4.    Iklan terbatas
Setiap pengguna di OLX hanya diberikan jatah iklan 10 buah dengan catatan iklan harus beda semua. Apabila kita punya 15 produk utama yang mau dipasarkan, otomatis hanya 10 buah saja yang bisa diiklankan.
5.    Konsumen suka menelpon
Konsumen dari OLX lebih menyukai menghubungi penjual dengan cara menelpon.

2. Berniaga
Kelebihan:
1.    Kejelasan informasi dan kemudahan login menjadi member.
2.    Tersedia situs dalam versi negara yang berbeda-beda.
3.    Pemasangan iklan gratis.
4.    Rujukan lokasi pemilik iklan yang jelas dan menyeluruh.
5.    Situs Berniaga cenderung lebih merakyat dibanding situs lainnya.
Kekurangan:
1.    Transaksi tidak secara online.
2.    Tidak terdapat pilihan bahasa untuk pengguna asing di Indonesia.

3. Lazada
Kelebihan:
1.    Pengembalian barang dalam waktu 14 hari, boleh mencicil jika belanjanya mencapai jumlah tertentu, dan tidak dikenai ongkos pengiriman.
2.    Memiliki Fitur COD
3.    Banyak diskon dan voucher
4.    Pengiriman gratis untuk wilayah JABODETABEK dengan berat produk maksimal 6 kg
5.    Jaminan barang kembali (ketentuan berlaku)
6.    Aman (jaminan baarang akan dikirim)
7.    Navigasi toko yang mudah
8.    Banyak sekali variasi produk yang ditawarkan
Kekurangan:
1.    Ongkos kirim mahal. Untuk normalnya misalnya jika dibandingkan dengan JNE per kg hanya sekitar 16 ribu untuk Jakarta-Jogja. Di Lazada Ongkir mencapai 25 ribu untuk kategori yang sama.
2.    Produk yang ditawarkan diklaim sebagai produk asli. Padahal jika dibandingkan dengan toko offline, kualitas bahan masih dibawahnya. Walaupun dari segi penampilan masih terlihat sama. Dan tentu saja dari sisi keawetan pasti akan berbeda, karena pembeli tidak bisa komplain masalah keawetan kepada Lazada karena awet tidaknya suatu produk hanya bisa dinilai setelah produk dipakai dalam kurun waktu tertentu.
3.    Proses pengembalian barang yang ribet. Jika produk yang dikembalikan ditolak oleh pihak Lazada, maka ongkos kirim akan dikenakan pada pembeli. Ini berarti pembeli harus membayar 2 x ongkir.
4.    Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.
5.    Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya.
4.Tokopedia
Kelebihan:
1.    Tokopedia menjamin para konsumennya berbelanja dengan aman dan terhindar dari penipuan dengan cara, pembayaran akan dilakukan setelah barang yang dibeli sampai di tangan konsumen. Bahkan, barang yang dikirim bisa ditelusuri jejaknya, sudah sampai di manakah barang tersebut.
2.    Adanya fitur diskusi. Selain bisa mengirim pesan, calon pembeli juga bisa baca-baca diskusi produk yang akan dibelinya, atau juga bisa ikut diskusi dengan calon pembeli yang lainnya.
3.    Adanya fitur promosi produk gratis. Ini sangat membantu para penjual, dengan fitur gratis ini, si penjual bisa melakukan promosi. Tapi promosi gratis ini dibatasi, yaitu satu jam sekali.
4.    Penampilan website dengan dominasi warna hijau yang terkesan segar dan simpel.
5.    Bagian penambahan daftar produk juga sangat jelas, pilihan kategori lebih bervariasi dan fitur harga grosir.
6.    Waktu proses pesanan bisa mencapai 5 – 7 hari semenjak invoice masuk, jadi bisa lebih leluasa.
7.    Walaupun banyak bug, tapi keamanan akun cukup bagus, penggunaan kode OTP sangat diapreasiasi.
Kekurangan:
1.        Data informasi pribadi tidak tertutup. Ini memungkinkan data informasi pribadi penjual dapat dicuri, dan dimanfaatkan untuk aksi penipuan.
2.        Fitur berbayar untuk penjual cukup mahal.
3.        Fitur pengelolaan stok barang yang kurang canggih, ketika ada pembeli yang menunggu pembayaran maka stok tidak otomatis berkurang.

5.Bukalapak
Kelebihan:
1.    Penjual akan mendapat pemberitahan via SMS jika ada pembeli, jadi tidak perlu terus-terusan online.
2.    Ongkos kirim sudah diperhitungkan secara otomatis tanpa perlu menghitung kembali.

3.    Mendidik para penjual untuk menjadi pengusaha. Tidak hanya menyediakan lapak, bukalapak juga menyediakan berbagai informasi mengenai tips dan trik agar sukses berjualan.

4.    Menambah gambar produk sangat mudah dan efisien, bisa drag dan drop 5 gambar sekaligus, hemat waktu dan praktis.
5.    Manajemen stok sangat-sangat akurat, ketika barang sedang menunggu pembayaran, maka stok dikurangi, apabila batal maka stok dikembalikan, sehingga mencegah pembeli membayar barang yang stoknya habis.
6.    Pilihan jasa pengiriman lumayan cepat, juga bisa memilih opsi gratis ongkos kirim.
7.    Bisa mengatur diskon di sebuah produk dan pihak Bukalapak juga Sering menyediakan promo diskon sehingga meningkatkan kesempatan barang laku.
8.    Dana masuk ke bukadompet hanya 1 hari setelah data tracking menyebutkan bahwa barang diterima pembeli.
9.    Tampilan transaksi baik itu di aplikasi maupun website sangat simpel dan informatif, mulai dari barang hingga ke detail alamat pembeli.
10. Tersedia BL Widget untuk mempromosikan lapak ke website lain.
11. Keamanan akun sudah termasuk bagus, kode OTP Otomatis juga sangat membantu dan praktis.
12. Bisa belanja tanpa registrasi, tapi harus hati-hati, baca deskripsi dengan baik
13. Metode pembayaran dan transfer cukup lengkap dan banyak pilihan.
14. Verifikasi pembayaran melalui transfer juga termasuk cepat
Kekurangan:
1.    SEO kurang begitu bagus bila dicari melalui Google.
3.    Pencairan Saldo dari bukadompet relatif lebih lama, rata-rata lebih dari sehari.
4.    Ketika mengedit deskripsi barang, selain kotaknya kecil, juga sering Error karena tag-tag html yang ikut tercampur dengan tulisan.
5.    Aplikasi nya relatif lemot ketika dipakai, lebih berat di RAM dan sering nge-lag.
6.    Tidak punya fitur preorder
7.    Waktu pemrosesan barang sangat sebentar, hanya 2 hari untuk input nomer resi pengiriman.
8.    Memang bukalapak jarang error, tapi notifikasi orderan masuk sering terlambat, bahkan notifikasi di aplikasi terkesan kurang berguna.
9.    Secara keseluruhan, jumlah barang dan penjual serta variasi nya lebih sedikit dibanding toko lainnya.
10. Tidak ada diskusi, sehingga untuk mengetahui info lebih lanjut tentang barang atau pengiriman harus tanya ke penjual.
11.  Tampilan website terkesan kurang segar, tidak ada garis batas yang kontras antara konten, sidebar dan background.
12. Produk-produk promo otomatis termuat dan ditempatkan di bagian depan. Akan lebih baik kalo di aplikasi menyediakan sektor khusus untuk barang promo yang akan terload apabila calon pembeli mengklik nya.
13. Penjual yang mencantumkan banyak pilihan pengiriman juga sedikit, kebanyakan hanya memajang JNE saja
14. Saat sedang melihat-lihat produk di sebuah toko melalui desktop, dan tiba-tiba muncul chat dari sang pemilik toko, disitu membuat kaget pembeli, akan lebih baik bila fitur pop up chat otomatis ini bersifat opsional.
15. Respon CS dalam menanggapi permasalahan sangat lama sekali, pengalaman saya, respon bisa sampai 2 hari baru dibalas.
16. Fitur pencarian produk terkadang tidak berfungsi, atau loadingnya terlalu lama di website
17. Di website, Deskripsi produk terletak dibawah gambar foto dan cukup jauh letaknya, akan lebih bagus bila calon pembeli bisa melihat gambar sambil membaca deskripsi nya.
6. Amazon 
Kelebihan:
1.         Brand Amazon sudah mempunyai merek yang terkenal dan terpercaya.
2.         Strategi pemasaran yang bagus.
3.         Aliansi dengan perusahaan lain.
4.         Web yang memiliki akses yang cepat, desighn menarik dengan mudah di operasiakan
5.         Harga produk yang terjangkau.
6.         Dukungan CRM dan TI.
7.         Tampilan terlihat lebih mewah dan space yang lebar dengan kesan luas .
8.         Tampilannya yang selalu baru atau update terus menerus.
9.         Tiap produk yang ditawarkan diwakili dengan display produk itu sendiri. Sehingga, para user yang ingin membeli produk, khususnya produk-produk baru, tidak perlu berandai-andai seperti apa bentuk atau warna dari produk baru itu.
Kekurangan:
1.    Tergantung pada pengiriman eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman
2.    Produk tidak selalu disertai dengan cantuman harga. Dengan demikan, “memaksa” para user untuk meng-click produk tersebut jika user ingin tahu harga yang ditawarkan
3.    Halaman produk yang terlalu diramaikan oleh fitur tambahan. Banyaknya fitur tambahan seperti promo produk yang tidak relevan, membuat informasi utama mengenai produk yang sedang ditawarkan malah menjadi terabaikan. Hanya pelanggan lama saja yang bisa mendapatkan informasi ini dengan cepat.
4.    Adanya fitur pencarian web. Seseorang cenderung untuk melakukan pencarian di mesin cari favoritnya ketimbang mencari di fitur pencarian yang ada di web kita. Menempatkan fitur pencarian web di website kita sebenarnya buang-buang waktu saja karena hanya akan menambah kesan kacau pada web kita.
5.    Adanya iklan pada halaman produk. Tampilnya iklan pada halaman produk yang ditawarkan akan mengalihkan perhatian pengunjung dari produk yang sedang di minatinya.

7. Bhinneka
Kelebihan:
1.        Katalog yang tertata rapi
2.        User / calon pembeli dapat mengunduh file katalog beserta harga yang terupdate.
3.        Memiliki script untuk mengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan .
4.        Bisa menawar online.
5.        Mempunyai Photography page ( halaman khusus semua tentang kamera ).
6.        Mempunyai Mobile vision ( khusus diakses diperangkat perangkat ponsel ).
7.        Mempunyai Dropdown menu ( memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
8.        Bisa Rancang sendiri ( merakit PC sesuai rakitan customer ).
9.        Menggunakan JNE ( jasa pengiriman ).
10.    E-care ( garansi produk ).
11.    Payment confirmation email dan sms ( notifikasi , apabila uang telah diterima pihak bhinneka.com )
12.    Service tracking (ketahui sendiri kondisi barang yang sedang diservice )
Kekurangan:
1.        Salah satu fitur yang kurang pada web bhinneka.com dengan toko online lainnya adalah simulasi yang membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan sendiri yang ingin dibeli.
2.        Bila diperhatikan deskripsi produk pada bhinneka menggunakan dua bahasa, padahal lebih baik jika menggunakan dua versi bahasa, bahasa yang nyampur ini membuat pengunjung kurang nyaman dan membuat beberapa tidak bisa dimengerti.
3.        URL yang digunakan oleh bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll. karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari bhinneka.com tidak akan terindex.
8. Elevenia 
Kelebihan:
1.        Pencairan dana yang cepat
2.        Manajemen toko versi web dan mobile
3.        Biaya transaksi yang kompetitif
4.        Jaringan pemasaran yang luas
5.        Situs yang memiliki harga jauh lebih murah
6.        Diskon di Elevenia sangat banyak
Kekurangan:
1.        Semakin lama bonusnya semakin berkurang.
2.        Sistem ataupun webnya tidak terlalu bagus jika dibandingkan toko lainnya.
9. Ebay 
Kelebihan:
1.        eBay mempertahankan sejumlah situs khusus. eBay Pulse, misalnya, memberikan informasi tentang istilah pencarian populer, tren, dan item yang paling banyak ditonton.
2.        Terdapat konten ebay Komunitas lain termasuk Discussion Boards, Groups, Answer Center, Chat Rooms, and Reviews & Guides.
3.        eBay memiliki penawaran mobile yang kuat, termasuk SMS alert, situs WAP, Java ME client, dan aplikasi iPhone Apple tersedia di pasar tertentu.
4.        Best of eBay adalah situs khusus untuk mencari item yang paling-tidak biasa di situs eBay. Pengguna dapat memilih dan mencalonkan pada daftar yang mereka temukan.
5.        Terdapat juga fitur-fitur yang ditampilkan di Amazon yakni aktor yang main di film tersebut, sutradara, review film,  movie trailer, dan lain sebagainya.
6.        Sama seperti Amazon, jika kita ingin membeli film tersebut, atau kita mau transaksi, kita akan diproteksi agar aman dari pihak-pihak nakal.
7.        Dengan  menggunakan sistem lelang, ketika kita memiliki barang antik misalnya, kita bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dengan memanfaatkan sistem lelang ini.
8.        Akses mudah ke 38 pasar internasional dengan biaya operasi yang rendah.
9.        Siapapun dapat berdagang di eBay, di manapun, kapan saja.
10.    Waktu loadingnya cepat.
Kekurangan:
1.        Pada situs ini fitur yang ditampilkan masih kalah bagus dengan esaingnya yakni Amazon.
2.        Dalam melakukan pencarian judul film tersebut, pada eBay ini membingungkan, dikarenakan eBay tidak menggolongkan film ini pada formatnya sehingga terjadi kesemrawutan pada hasil pencarian tersebut.
3.        Barang yang ditawarkan di eBay lebih kurang dibandingkan Amazone, banyak terdapat barang yang kosong / tidak ada tetapi tetap ditawarkan pada pembeli, dan pada akhirnya pembeli tertipu.
10. Zalora
Kelebihan:
1.        Zalora menyediakan berbagai produk yang dijamin lengkap, tersusun rapih, dan jelas di website Zalora.
2.        Belanja di Zalora di jamin aman.
3.        Zalora menyediakan produk-produk dengan harga terjangkau.
4.        Proses belanja di Zalora sangat mudah.
5.        Zalora adalah online shop yang terpercaya.
6.        Zalora menyediakan berbagai tawaran yang menarik.
7.        Layanan Zalora di jamin memuaskan.
Kekurangan:
1.        Konfirmasi pembayaran cukup lama.
2.        Fasilitas yang masih belum bisa dilakukan dibanyak kota.
11. Alibaba
Kelebihan:
1.        Menawarkan kenyamanan bertransaksi dengan Secure Payment yang melindungi konsumen.
2.        Lokasi di China dengan 560 juta pengguna internet yang online sekitar 20 jam per hari, bisa dibilang china merupakan pasar terbesar e-commerce di dunia.
3.        Biaya yang lebih murah karena alibaba menawarkan produknya dalam skala besar.
4.        Mempunyai banyak layanan di situsnya dibandingkan website lainnya.
5.        Menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang bertujuan menarik customer baru.
6.        Selalu mengedepankan kepuasaan customer.
Kekurangan:
1.        adanya perbedaan hambatan adanya perbedaan waktu koneksi internet, perbedaan
budaya, dan bahasa.
2.    Tidak adanya jaminan tentang kualitas produk yang dikirim.
3.    Dari segi keanggotaan, Alibaba mempunyai member yang beragam, terjadi sebuah gesekan internal yang sangat serius antara efek dari pelanggan positif (good customers) dengan pelanggan negatif (poor customers).
4.    Pertanggung jawaban kepuasaan konsumen terhadap barang yang dikirim kurang ( tidak sesuai apa yang diharapkan.
12. AliExpress
Kelebihan:
1.    Penawaran barang yang lebih inovatif dan kreatif. Bahkan ada juga barang yang menarik dan belum pernah kita temui sebelumnya.
2.    Harga yang ada bersifat bersaing dan lebih ekonomis.
3.    Banyak juga barang yang dijual dalam jumlah banyak sehingga akan lebih murah.
4.    Kebanyakan barang yang dijual menggunakan fasilitas free shipping atau gratis biaya pengiriman.
5.    Mempunya tracking number sehingga kita bisa melacak keberadaannya dengan mudah.
6.    Aliexpress juga akan memberikan garansi dalam bentuk uang kembali dengan mekanisme Escrow account.
7.    Berprinsip pembeli terpuaskan atau uang kembali.
8.    Metode pembayaran di aliexpress yang bisa dipilih.
9.    Metode komunikasi bisa dibilang paling lengkap jika dibanding dengan situs jual beli yang lain.
10. Menyediakan fasilitas message untuk mengirim pesan, dan ada juga fasilitas chat yang bisa ditujukan pada penjual atau customer service dari pihak aliexpress.
Kekurangan:
1.        Seperti umumnya berbelanja online lainnya, dengan tidak melihat langsung barang yang akan dibeli, maka muncul kemungkinan barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan. Terutama bagi shopper pemula yang mudah lapar mata melihat banyaknya barang yang ditawarkan disana.
2.        Seller Aliexpress mayoritas menawarkan free shipping cost alias gratis ongkos kirim. Sayangnya mayoritas seller mengirim paket menggunakan jasa pengiriman yang memerlukan waktu sangat lama. Walaupun metode pengirimannya menyediakan Tracking number, tetapi umumnya barang sampai ke pembeli sekitar 5-6 minggu setelah dikirim sellernya. Mereka umumnya menggunakan China Post yang akhir-akhir ini memang sangat lambat. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan jasa Netherland Post dan Sweden Post. Kalau menggunakan jasa ini, lebih lama lagi. Karena barang dikirim ke Netherland atau Sweden terlebih dahulu, baru kemudian dikirim ke alamat pembeli. Jika anda ingin pengiriman lebih cepat, pilih seller yang menawarkan Free shipping menggunakan Hongkong Post, atau Singapore Post. Menurut pengalaman saya, Singapore post yang paling cepat sampai.
3.        Kurang Update-nya stock yang dimiliki seller. Misalnya kita telah membeli dan membayar sebuah barang, ternyata kemudian seller memberitahu melalui message bahwa barang sdh habis. Ini disebabkan karena dalam listing barang di aliexpress tidak disebutkan jumlah stock yang tersedia.
4.        Aliexpress hanya menjual produk-produk dari China. Jadi jika anda berharap membeli produk dengan brand global, akan sulit menemukannya disini.
5.        Saat ini aliexpress telah meluncurkan situs versi “Indonesia”. Sayangnya penggunaan “mesin translate” yang tidak tepat, malah membuat bingung para shopper. Fasilitas search juga tidak bisa dipakai dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, saya sarankan shopper beralih ke web alixpress.com “asli” dengan memilik “ Go To Globalsite “ yang ada di sebelah kanan atas halaman aliexpress.
13. LapakUngu
Kelebihan:
1.    Registrasi dan Login yang mudah.
2.    Pesaing masih sedikit.
3.    Bisa COD an dikampus.
4.    Pasang iklan Gratis.
5.    Mempunyai banyak kategori produk.
6.    Membuka peluang usaha bagi anak Amikom yang tertarik mempunyai bisnis.
7.    Gratis biaya Pendaftaran.
8.    Mempunyai data penjual yang lengkap, sehingga bisa langsung menanyakan langsung ke nomor penjualnya atau bisa langsung mengunjungi URL yang dimasukkan oleh penjual.
9.    Gambar produk yang dijual bisa diperbesar, sehingga bisa melihat produknya dengan jelas.
10.  Memiliki Data Total View, sehingga bisa mengetahui jumlah orang yang melihat produk yang kita jual.
Kekurangan:
1.    Tampilan website masih sangat sederhana.
2.    Website ini masih belum banyak dikenal, sehingga total view masih sedikit serta kemungkinan produk terjual masih kecil.
3.    Cara untuk mengubah foto profil toko cukup susah.
4.    Produk yang tersedia masih sedikit, sehingga masih banyak kategori yang belum memiliki produk.
5.    Kolom ketentuan saat hendak mengupload produk masih belum tersedia.
14. Blibli
Kelebihan:
1.    Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
2.        Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
3.        Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.
4.        Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
5.        Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.
6.        Packing barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim.
Kekurangan:
1.         Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu.
2.         Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual.
3.         Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.
4.         Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama.
15. Matahari Mall
Kelebihan:
1.        Penyediaan voucher diskon yang sangat besar
2.        Penempatan barang atau kategorisasi produknya sudah dilakukan secara tertata, detail sampai ada subkategori dan sub-subkategori.
3.        Ada pilihan cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan untuk setiap produk dengan kartu kredit Mandiri.
4.        Banyak pilihan cara pembayaran saat memilih metode pembayaran secara bank transfer. Ada pilihan tujuan rekening pembayaran BCA, CIMB Niaga, BRI, BNI, Nobu Bank, dan Mandiri.
Kekurangan:
1.        Seringkali Bug Pada Menu Pembayaran.
2.        Pembeli Tidak Dapat Berkomunikasi Dengan Penjual.
3.        Seringkali Penjual Lalai Memeriksa Barang Sebelum Dikirim.
4.        Deskripsi produk yang kurang jelas dan asal copas.
5.        Spesifikasi yang terkadang kurang jelas.
6.        Gambar terkadang berbeda dengan produk yang ditawarkan.
7.        Konfirmasi pesanan yang cukup lama.
8.        Belum semua kupon voucher bisa digunakan
9.        Penampilan foto produk masih seadanya, cenderung asal-asalan. Baik karena modelnya kurang menarik, menata produk yang kurang rapi di manekin, hingga proses editing penghilangan background yang tidak rapi.
10.    Adanya pembatasan maksimal satu produk untuk setiap satu jenis produk. Pada opsi pembelian produk hanya ada angka 1, tanpa angka 2, 3, 4 atau 5.
11.     Perlunya konfirmasi secara manual yang sangat menyulitkan konsumen.
16. Kaskus
Kelebihan:
1.        Lebih praktis .
2.        Hemat.
3.        Cepat laku.
Kekurangan:
1.    Konsumen tidak terlalu yakin barangnya sesuai dengan harapan.
2.    Rentan dengan penipuan.
3.    Sering salah kirim.
17. Lamido
Kelebihan:
1.         Lamido akan berfokus pada vendor kecil dan menengah yang tidak memiliki platform khusus untuk menjual produk mereka .
2.         Metode pembayaran Cash on Delivery Jenis transaksi paling umum di Indonesia, dengan ini pembeli melakukan kontak dengan penjual untuk menyetujui kalau barang akan dikirim ke alamat yang sudah ditentukan dengan jasa kurir yang sudah bekerja-sama dengan Lamido.
3.         Pihak Lamido sendiri akan melakukan tracking pengiriman jika diperlukan untuk memantau apakah barang yang dikirim akan sampai ke pembeli tepat pada waktunya.
4.         Cash on Local Pickup Adalah sistem transaksi dimana penjual dan pembeli menentukan meeting point dan saling bertatap muka langsung, hal ini dilakukan guna menghindari resiko penipuan karena beberapa orang lebih memilih melihat barang terlebih dahulu sebelum membeli.
5.         Lamido SafePay Lamido SafePay merupakan rekening bersama antara pihak pembeli, penjual dan pihak Lamido sendiri. Pilihan ini merupakan pilihan paling aman karena setiap langkah transaksi akan dimoderasi oleh pihak lamido, yang berarti bebas dari penipuan online atau sejenisnya.
6.         Pengiriman barang menggunakan jasa TIKI JNE dan FedEx.
       Kekurangan:
1.    Jika penjual tidak pernah login maka pembeli tidak akan menerima pesanan, uang akan tetap aman di rekening Lamido atau Elevenia.
2.    Proses yang memakan waktu apabila penjual tidak menerima notifikasi.
18.Shopee.co.id

Kelebihan:

1.        Jumlah gambar produk yang bisa diupload sampai 20 gambar, sangat menarik
2.        Di bagian penjualan, kita bisa mengetahui mana produk yang menunggu pembayaran, harus dikirim, maupun selesai
3.        Ketika produk bermasalah, tidak ada penghapusan, tapi akan masuk ke bagian khusus “barang diblokir”
4.        Produk bisa memiliki varian, dalam hal ini cocok bagi yang punya beberapa warna, ukuran maupun tipe lainnya.
5.        Shopee tidak menyarankan dropship, sangat membantu sekali karena dropship lebih banyak yang menyusahkan
6.        Beberapa barang ada yang gratis ongkir
7.        Banyaknya kategori yang disediakan
8.        Respon website yang cepat
9.        Tampilan yang simple dan menarik
10.    Mudahnya pencarian barang
11.    Terdapat fitur chat untuk menawar harga barang
12.    Mudahnya metode pembayaran
13.    Aman dalam pengiriman karena Jasa Kirim Shopee adalah layanan jasa kirim terintegrasi didukung oleh Shopee. Anda dapat melacak pesanan Anda dalam aplikasi dan ongkos kirim akan dikalkulasi berdasarkan berat produk dan lokasi alamat penjual dan pembeli. Ongkos kirim ini akan terlihat pada saat checkout beserta jumlah total pesanan yang harus dibayar (kecuali jika ada promosi gratis ongkos kirim sewaktu-waktu dari seller).

       Kekurangan :

1.        Bagian sebagai pembeli dan penjual terpisah, terkesan rumit dan tidak efisien
2.        Bagi Penjual Promo gratis ongkir terkesan agak ribet karena harus upload KTP dan foto.
3.        Penampilan deskripsi produk sangat tidak enak dilihat dan membuat pembeli jadi malas membaca.
4.        Pencairan dana ke rekening lumayan lama.
5.        Upload gambar dan no resi via aplikasi seperti lewat hp sering gagal.
6.        Jasa pengiriman baru terdapat JNE Reguler dan JNE OKE
7.        Ongkos kirim pengembalian barang yang rusak ditanggung oleh pembeli
8.        shopee.co.id sendiri masih kurang terkenal dibanding website penjualan online lainnya

19.Blanja

Kelebihan:
1.      Memiliki banyak kategori.
2.      Banyak pilihan untuk pembayaran.
3.      Menjual berbagai produk lokal
Kekurangan:
1.        Proses pengiriman yang lama.
2.        Sering salah kirim.

20.Jualo

Kelebihan:
1.         Perusahaannya telah menyediakan berbagai fitur yang memberikan kemudahan lebih bagi para penggunanya daripada situs sejenis lainnya.
2.         Fitur pendeteksi lokasi dan pengaduan cepat tanggap.
3.         Proses transaksi lebih mudah.
4.         Jika ada laporan pengguna yang nakal akan ada sanksi, seperti delete akun, blokir alamat email, dan nomor teleponnya.
5.         Fitur geo search yang disediakan Jualo adalah salah satu fitur yang cukup eksklusif.
Kekurangan:
1.    Belum ada sistem pembayaran dengan cara transfer masih menggunakan sistem cash on delivery ( COD ).


Komentar

  1. kalau saya sering belanja di Bukalapak, lumayan nyaman dan aman karena ada sistem escrow.
    www.yogrosir.com

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2P5Wu53

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer